Senin, 11 Februari 2013

Sejarah Gasibu

  1. Gasibu dari singkatan kata.
  2. Definisi gasibu yang lain:
    Jangan Ubah Nama Gasibu!

    SEHUBUNGAN dengan maraknya pemakaian Lapangan Gasibu Bandung oleh berbagai kegiatan sejumlah event organizer yang menggunakan nama “Gazeboo”, “Gazybu” dll., saya merasa perlu meluruskan nama tersebut. Penamaan Lapangan Gasibu mempunyai sejarah sbb:

    Sekira tahun 1953 berdiri lapangan sepak bola yang berlokasi di Jalan Badaksinga. Di sana sering diselenggarakan pertandingan antar persatuan sepak bola (PS) yang ada waktu itu bola yang digunakan masih sangat sederhana (menggunakan pentil dan digosok pakai lilin).
    Berhubung lokasi lapangan akan dibangun projek air bersih dengan nama HBM (sekarang PDAM), para pengurus PS berembuk dan meminta izin kepada pemerintah untuk memakai lokasi di depan Gedung Sate yang pada saat itu masih berupa semak belukar. Setelah mendapat izin dari pemerintah, para pencinta sepak bola waktu itu melakukan kerja bakti untuk membangun lapangan sepak bola tersebut dan pada tahun 1955 lapangan sepak bola yang sangat sederhana terbentuk dan diberi nama Gasibu (Gabungan Sepak Bola Indonesia Bandung Utara).
    Pada saat itu dibentuk suatu panitia kecil untuk mengelola lapangan Gasibu dengan susunan sbb:
    Ketua
    1. PORL (Persatuan Olah Raga Rukun Luyu dari Balubur);
    2. PAKSI dari Sekeloa;
    3. PORAS dari Sadang Serang.

    Anggota:
    Fajar (Cihampelas),
    Setia (Muararajeun),
    Budi (Cicendo),
    Rimba (Muararajeun),
    Perkesh (Cikaso),
    Persani (Nangkasuni),
    Fargo (Braga Permorin),
    Persit (Coblong),
    Siod Cihaurgeulis,
    Bara (Bagusrangin),
    Rikat (Cibarengkok) dll.

    Dengan melihat sejarah nama Lapangan Gasibu tersebut, saya mengimbau kepada semua pihak untuk tidak mengubah nama tersebut menjadi Gazibu, Gazeboo dll
     sumber
    .http://4.bp.blogspot.com/_nSaKWbi

Tidak ada komentar: