Rabu, 06 Februari 2013

Saung Angklung Mang Udjo

Sekarang saatnya kita berlibur dengan cara yang unik, yaitu dengan bermain angklung! Bandung yang penuh dengan kreatifitas dan kesenian ini menyimpan sebuah tempat yang menjadi pusat budaya warisan nasional kita di bidang alat musik rakyat yaitu angklung. Nama tempat ini adalah Saung Angklung Udjo atau sering disingkat SAU. Beberpa orang juga menyebutnya dengan Saung Angklung Mang Udjo.
Sesuai dengan nama tempatnya, memang tempat ini didirikan oleh Udjo Ngalagena didampingi oleh istri nya Uum Sumiati. Tempat ini satu-satunya tempat yang menjadi pusat dari kesenian angklung dan juga memproduksi angklung. Hal inilah yang menjadikan Saung Angklung Udjo sebagai pusat pendidikan dan penelitian angklung, kesenian dan kebudayaan Sunda. Dengan berlatar belakang menyatukan budaya dan alam, Saung Angklung Udjo berhasil menyita perhatian wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Dilihat dari setiap pementasannya selalu penuh dengan turis-turis mancanegara. Dengan lokasinya yang terletak di bandung Timur, SAU adalah tempat yang tepat untuk menikmati indahnya alat musik tradisional yang berasal dari bambu tersebut.
Alamat Saung Angklung Udjo tepatnya berada di Jalan Padasuka no 118, Bandung Timur. Akses menuju tempat ini sangatlah mudah karena melewati jalan utama. Jika Anda mengendarai mobil pribadi keluarlah di tol Pasteur lalu lewati flyover Pasupati sampai ke jalan Surapati lalu mengarah ke kiri Anda sudah mencapai jalan Padasuka. Dengan papan penunjuk yang besar menuju SAU, Anda tidak akan tersasar menuju tempat ini. Namun jika Anda memilih untuk naik angkutan umum, silahkan pilih angkot dengan jurusan Cicaheum, cukup katakan pada supir angkot bahwa Anda ingin turun di Saung Mang Udjo, karena tempat tersebut kurang lebih hanya 500 meter sebelum angkot mencapai terminal Cicaheum.

Tidak ada komentar: